cover
Contact Name
Sangidatus sholiha
Contact Email
sangidatus@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
sangidatus@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116, 15A Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
ISSN : 27465578     EISSN : 27465586     DOI : http://dx.doi.org/1024127
EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in Indonesia
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2021): November" : 10 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTS BANDAR AGUNG LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Artati Anggita Putri; Triani Ratnawuri; Meyta Pritandhari
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2 No 1 (2021): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1121.445 KB) | DOI: 10.24127/edunomia.v2i1.1625

Abstract

Permasalahan yang selalu muncul pada saat pembelajaran adalah peserta didik lebih cenderung menghafal daripada memahami. Peran peserta didik dalam proses pembelajaran masih kurang yaitu hanya sedikit yang menunjukkan keaktifan berpendapat dan bertanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan strategi pembelajaran berbasis masalah, besarnya peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui strategi pembelajaran berbasis masalah mata pelajaran IPS kelas VIIB MTs Bandar Agung Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS kelas VII B MTs Bandar Agung Lampung Timur sudah terlaksana dengan baik. Dari hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dari tahap pra tindakan 8 peserta didik (20%) yang mampu mendapat nilai di atas KKM. Kemudian dari pra tindakan ke siklus I kemampuan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan sebanyak 25% dengan jumlah 18 peserta didik (45%). Sedangkan siklus l ke siklus ll mengalami peningkatan sebesar 25% dengan jumlah 28 peserta didik (70%) yang sudah mampu mencapai KKM. Dari tahap pra tindakan sampai dengan siklus ll terjadi adanya peningkatan yang karena hampir setiap indikator kemampuan berpikir kritis telah mengalami peningkatan dan mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan
PENGEMBANGAN VIDEOSCRIBE TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS X SMA NEGERI 1 BANDAR SRIBAWONO Dwi Margi Rahayu; Triani Ratnawuri; Meyta Pritandhari
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2 No 1 (2021): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1242.159 KB) | DOI: 10.24127/edunomia.v2i1.1626

Abstract

Media pembelajaran yang baik dan berkualitas memiliki fungsi untuk mengaktifkan peserta didik di dalam kelas serta meningkatkan pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran. Namun dalam proses pembelajaran hanya menggunakan bahan ajar buku cetak dan tidak dilengkapi media interaktif seperti video. Sehingga peserta didik kurang antusias dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan videoscribe terintegrasi nilai keislaman sebagai media pembelajaran ekonomi kelas X yang valid dan praktis. Videoscribe dikembangkan sesuai dengan sistematika dan standar kriteria kelayakan media pembelajaran. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Ananlisis, Design, Development, Implementastion, Evaluation). Proses untuk menghasilkan videoscribe diawali dengan tahap validasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli agama. Videosribe juga diujicobakan ke sekolah untuk mengukur respon peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Bandar Sribawono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa videosribe ini layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi dari ahli media dengan persentase sebesar 84% dengan kriteria sangat kuat, hasil penilaian oleh ahli materi dengan persentase 88% dengan kriteria sangat kuat, hasil penilaian oleh ahli agama dengan persentase 82% dengan kriteria sangat kuat dan hasil pengujian dengan kelompok kecil yaitu 7 orang peserta didik dengan persentase 87% dengan kriteria sangat kuat. Berdasarkan presentase yang diperoleh dari rata-rata validasi ahli sebesar 84,6% dengan kriteria sangat kuat dan respon peserta didik sebesar 87% dengan kriteria sangat kuat maka videoscribe dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai referensi dalam proses pembelajaran
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTU PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU Eva Kurniasih; Ningrum Ningrum; Tiara Anggia Dewi
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2 No 1 (2021): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1071.034 KB) | DOI: 10.24127/edunomia.v2i1.1627

Abstract

Hasil belajar IPS Terpadu peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Punggur tahun pelajaran 2019/2020 masih banyak yang belum tuntas atau dibawah ketuntasan minimum (KKM) yaitu 6,66. Disebabkan karna banyak faktor yang mempengaruhinya seperti metode ceramah diskusi tanya jawab. Sehingga peserta didik cenderung bosan dan pasif dikarenakan pembelajarannya kurang berkesan dan menarik. Model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) berbantu peta konsep merupakan salah satu model pembelajaran yang inovatif. Penggunaan model kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) berbantu peta konsep tepat untuk kegiatan pembelajaran dikelas untuk mendapatkan partisipasi peserta didik secara keseluruhan, menuntut peserta didik untuk lebih aktif, berfikir kritis dan bertanggung jawab. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan test. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis Regresi Linier Sederhana diperoleh YI = 40,2669 + 0,5350. Hasil thitung = 4,08 dan ttabel = 1,697 dengan taraf signifikan 5%. Hipotesis dapat dihitung sebab thitung > ttabel yaitu 4,08 > 1,697. Dengan demikian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) berbantu peta konsep mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar IPS Terpadu peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 punggur tahun pelajaran 2019/2020.
PENGARUH INSENTIF PENJUALAN MOTOR HONDA N-MAX TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI PT. ADIRA FINANCE KOTA METRO Radesa Radesa; Ningrum Ningrum; Meyta Pritandhari
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2 No 1 (2021): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1096.041 KB) | DOI: 10.24127/edunomia.v2i1.1628

Abstract

Prestasi kerja karyawan merupakan kunci keberhasilan dari suatu perusahaan. Rendahnya prestasi kerja karyawan pada PT. Masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh insentif penjualan terhadap prestasi kerja pada karyawan bagian marketing di PT. Adira Finance. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh insentif penjualan terhadap prestasi kerja karyawan di PT. Adira Finance Kota Metro. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, yaitu wawancara, observasi dan kuisioner. Dalam penelitian ini analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas uji normalitas dan uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh variabel dependen dan independen. Berdasarkan hasil uji regresi sederhana didapatkan hasil (Y= 73,4 +0.06) dan hasil uji t (37) dengan taraf sig. 0.01 (33,2) dan taraf sig. (34,6). Insentif berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan yang terjadi pada insentif akan berpengaruh terhadap prestasi kerja. Hal ini dapat menunjukkan bahwa peningkatan terhadap insentif maka prestasi kerja akan mengalami peningkatan begitu pula sebaliknya jika penurunan pada insentif maka akan berpengaruh terhadap penurunan prestasi kerja.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION) BERBANTU QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU Rahmadani Hasanah; Ningrum Ningrum; Meyta Pritandhari
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2 No 1 (2021): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1147.574 KB) | DOI: 10.24127/edunomia.v2i1.1629

Abstract

Permasalahan yang ada pada saat proses pembelajaran berlangsung adalah masih ditemukan peserta didik yang kurang berperan aktif, lambatnya dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Peran peserta didik dalam proses pembelajaran masih kurang yaitu hanya sedikit yang menunjukkan keaktifan berpendapat dan bertanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran AIR(Auditory, Intellectualy, Repetition) berbantu question card terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro tahun 2020/2021. AIR adalah salah satu jenis model pembelajaran yang menekankan kemampuan peserta didik untuk berani dalam berbicara, mengungkapkan pendapat, dan pengulangan materi yang mana dalam konteks pembelajaran merujuk pada pendalaman serta memperluas pemahaman peserta didik agar pelajaran yang diulang akan memberi tanggapan yang jelas dan tidak mudah dilupakan. Maka dengan adanya question card akan membentuk peserta didik yang turut aktif selama proses pembelajaran berlangsung dan meningkatkan daya ingat peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen, dengan desain yaitu Non-equivalent Control Grup Design. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling sampel terpilih adalah kelas VII Al kuddus dengan jumlah peserta didik 30 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII Al Halim dengan jumlah peserta didik 31 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, melalui perhitungan rumus uji-t penggunaan taraf uji kesamaan dua rata-rata dengan taraf signifikan 5%. Untuk menguji hipotesis menggunakan rumus Registrasi Linier Sederhana yaitu Y = 56,7123 + 0,3214. Dengan Thitung = 1,64. Ttab = 1,701 taraf signifikan 5% jadi 1,64 > 1,701 maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan “penggunaan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) berbantu question card terhadap hasil belajar IPS Terpadu peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Tahun Ajaran 2020/2021”.
Pengembangan E-comic Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Kelas Xl SMA Paramarta 1 Seputih Banyak Lampung Tengah Nurul Khotimah; Triani Ratnawuri; Meyta Pritandhari
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2 No 1 (2021): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1517.957 KB) | DOI: 10.24127/edunomia.v2i1.1630

Abstract

Media pembelajaran berperan penting dalam proses komunikasi antara guru dengan peserta didik secara optimmal. Namun media pembelajaran yang digunakan belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran. Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta adanya revolusi industry 4.0 semakin mendorong berbagai upaya untuk memanfaatkan teknologi, dangan adanya hal tersebut dapat mendorong pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih variatif dan inovatif. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkanmedia E-comic berbasis android sebagai media pembelajaran pada materi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal kelas xi sma paramarta 1 seputih banyak yang valid dan praktis. Penelitian yang dilakukan menggunakan R&D (Research and Development) atau penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Proses untuk mengembangkan E-comic diawali dengan tahap validasi oleh 2 ahli media, 1 ahli materi. E-comic juga diuji cobakan ke kelompok kecil untuk melihat respon peserta didik kelas Xl SMA Paramarta 1 Seputih Banyak.Hasil penelitian mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi dari ahli media pembelajaran dengan persentase sebesar 91,2% dengan krikteria sangat kuat, hasil penilaian oleh ahli materi dengan persentase 91,4% dengan krikteria sangat kuat, dan hasil pengujian secara daring dengan kelompok kecil yaitu 10 orang dari 30 orang peserta didik dengan persentase 88% termasuk dalam kriteria Sangat Kuat. Berdasarkan presentase yang diperoleh maka Ecomic dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
PENGEMBANGAN MODUL EKONOMI BERBASIS TEKA TEKI SILANG KELAS X SEMESTER GANJIL SMA KARTIKATAMA METRO Siti Umaya Sari; Triani Ratnawuri; Wakijo Wakijo
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2 No 1 (2021): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1708.735 KB) | DOI: 10.24127/edunomia.v2i1.1631

Abstract

Modul merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik yang mencakup isi materi, metode, dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri maupun kelompok. Pembelajaran ekonomi di SMA Kartikatama Metro hanya menggunakan metode diskusi, tanpa ada penjelasan ulang dari guru sehingga sebagian besar peserta didik kurang memahami materi ekonomi. Sedangkan sumber belajar yang digunakan peserta didik saat ini hanya buku cetak dari perpustakaan. Maka sangat diperlukan sebuah modul yang dapat memotivasi peserta didik untuk memahami materi ekonomi semester ganjil. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran modul ekonomi teka teki silang yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Development, Disseminate. Namun, tahap Disseminate tidak peneliti lakukan karena keterbatasan biaya dan waktu yang dimiliki. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kartikatama Metro dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA 1. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa angket. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan, hasil validasi oleh ahli media diperoleh presentase tahap awal sebesar 77% dengan kriteria kuat dan presentase tahap akhir sebesar 91% dengan kriteria sangat kuat, oleh ahli materi diperoleh presentase tahap awal sebesar 78% dengan kriteria kuat dan presentase tahap akhir sebesar 92% dengan kriteria sangat kuat. Kemudian produk di uji coba pada kelompok terbatas diperoleh presentase sebesar 89% dengan kriteria sangat kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul ekonomi berbasis teka teki silang yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis
PENGEMBANGAN MODUL EKONOMI BERBASIS METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 SEKAMPUNG Resti Tri Hidayati; Meyta Pritandhari; Tiara Anggia Dewi
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2 No 1 (2021): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1652.969 KB) | DOI: 10.24127/edunomia.v2i1.1632

Abstract

Bahan ajar diartikan sebagai komponen pesan yang sifatnya khusus atau umum yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaraan. Namun bahan ajar yang terlalu tebal dan kurang menarik akan menimbulkan kebosanan. Bahan ajar yang digunakan di SMA Negeri 2 Sekampung belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, karena bahan ajar yang digunakan hanya buku cetak sehingga peneliti perlu mengembangkan bahan ajar yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran seperti modul ekonomi berbasis metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul ekonomi berbasis metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) yang valid dan praktis. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan atau menggunakan model pengembangan 4D. Proses untuk menghasilkan modul diawali dengan tahap validasi oleh ahli desain, ahli materi dan ahli media. Modul juga diujicobakan ke sekolah untuk mengukur respon peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Sekampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ekonomi berbasis metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) ini layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi dari ahli desain dengan persentase sebesar 90,66% dengan kriteria sangat kuat, hasil penilaian oleh ahli materi dengan persentase 89,3% dengan kriteria sangat kuat, hasil penilaian oleh ahli media dengan persentase 70,66% dengan kriteria kuat dan hasil pengujian dengan kelompok kecil yaitu 10 orang peserta didik dengan persentase 91% dengan kriteria sangat kuat. Berdasarkan presentase yang diperoleh dari rata-rata validasi ahli dan respon peserta didik maka modul dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai referensi dalam proses pembelajaran.
PENGEMBANGAN SCHOOLOGY BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KERJASAMA EKONOMI INTERNASIONAL SMA NEGERI 1 SENDANG AGUNG Indah Mutiara Sari; Tiara Anggia Dewi; Triani Ratnawuri
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2 No 1 (2021): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1882.259 KB) | DOI: 10.24127/edunomia.v2i1.1633

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu unsur penting dalam pelaksanaan pembelajaran karena dapat membantu guru dalam menyampaikan bahan pelajaran kepada peserta didik. Media pembelajaran yang digunakan belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan kurangnya sumber belajar seperti buku dan hanya sesekali memanfaatkan handphone untuk searching sebagai sumber belajarnya. Metode yang digunakan guru yaitu ceramah dan presentasi individu. Presentasi yang dilakukan oleh masing-masing peserta didik adalah menghafal materi sehingga peserta didik merasa kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan Schoology berbasis pendekatan saintifik sebagai media pembelajaran pada materi kerjasama ekonomi internasional SMA Negeri 1 Sendang Agung yang valid dan praktis. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Proses untuk mengembangkan Schoology berbasis pendekatan saintifik diawali dengan tahap validasi oleh 1 ahli media, 1 ahli desain pembelajaran dan 1 ahli materi. Media Schoology berbasis pendekatan saintifik juga diujicobakan kepada kelompok kecil untuk melihat respon peserta didik kelas Xl SMA Negeri 1 Sendang Agung. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 86,67% dengan kriteria sangat kuat. Hasil validasi oleh ahli desain pembelajaran memperoleh presentase 85% dengan kriteria sangat kuat. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh persentase 90% dengan kriteria sangat kuat. Sedangkan untuk hasil uji coba secara daring dengan kelompok kecil yaitu 10 orang dari 34 orang peserta didik memperoleh persentase 89,16% termasuk dalam kriteria sangat kuat. Berdasarkan presentase yang diperoleh maka Schoology berbasis pendekatan saintifik dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran
PENGEMBANGAN BUKU KERJA (WORKBOOK) BERBASIS SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI AKTIVITAS MANUSIA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN KELAS VII SMP NEGERI 1 SEPUTIH AGUNG Yuni Rahmawati; Tiara Anggia Dewi; Triani Ratnawuri
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2 No 1 (2021): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.783 KB) | DOI: 10.24127/edunomia.v2i1.1634

Abstract

Media Pembelajaran mempunyai peran penting pada saat kegiatan belajar mengajar karena membuat proses komunikasi antara guru dengan peserta didik terjalin secara optimal. Namun media pembelajaran yang digunakan di SMP Negeri 1 Seputih Agung belum sepenuhnya mampu untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan media yang digunakan baru berupa buku paket dan powerpoint. Buku yang digunakan banyak sekali materi yang harus dihafal dan dipahami karena menggunakan kalimat yang terlalu panjang. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan buku kerja (workbook) berbasis soal higher order thinking skills (HOTS) pada materi aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan kelas Vll SMP Negeri 1 Seputih Agung yang valid dan praktis. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Proses untuk mengembangkan buku kerja (workbook) berbasis soal higher order thinking skills (HOTS) diawali dengan tahap validasi oleh 1 ahli media, dan 1 ahli materi buku kerja (workbook) berbasis soal higher order thinking skills (HOTS) juga diujicobakan kepada kelompok kecil untuk melihat respon peserta didik kelas Vll SMP Negeri 1 Seputih Agung. Hasil penelitian validasi ahli media pembelajaran dengan persentase sebesar 93,75% dengan kriteria sangat kuat. Hasil validasi oleh ahli materi dengan persentase 91,25% dengan kriteria sangat kuat. Sedangkan untuk hasil uji coba secara daring dengan kelompok kecil yaitu 10 orang dari 32 orang peserta didik dengan persentase 89,50% termasuk dalam kriteria sangat kuat. Berdasarkan presentase yang diperoleh maka buku kerja (workbook) berbasis soal higher order thinking skills (HOTS) dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 10